Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Kisah Kesatria dari Indragiri yang Tak Mempan Ditembak Portugis - Jukse Besi

Peranap.com - Indonesia memiliki banyak kesatria yang berasal dari daerah-daerah terpencil. Mereka di antaranya adalah seorang yang gigih berjuang demi mempertahankan daerahnya dari serangan para penjajah. Salah satu dari sekian banyak kesatria tersebut adalah Andi Sumpu Muhammad.

Bergelar panglima perang dari Indragiri, Riau, pria yang lebih dikenal dengan Jukse Besi ini memiliki kesaktian tak tertanggi. Saking saktinya, konon dia tidak mempan disabet, ditusuk, bahkan ditembak oleh senjata jenis apapun.

Tidak hanya itu, sebuah buku menyebutkan bahwa bulu tangan Andi Sumpu Muhammad tidak bisa dicukur oleh benda tajam apapun. Karena hal itu, ia kemudian dijuluki Panglima Jukse Besi.

Awalnya, Sultan Narasinga II bersama bala tentaranya yang dikomandoi Panglima Jukse Besi berperang dan berjuang menyelamatkan Kota Malaka (sebuah kota di Malaysia), dari kekuasaan kerajaan Portugis di bawah komando Jenderal Verdicho Marlos sebagai panglima perangnya. Perang melawan penjajah ini berlangsung selama 20 tahun, dari tahun 1512 sampai 1532.

"Panglima Jukse Besi berperang selama sekitar 20 tahun bersama Raja Narasinga II dan bala tentara kerajaan, melwan Jenderal Verdicho Marloce dan tentara Portugis di Selat Malaka," kata Staf Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Batu Sangkar, Saharan yang dilansir dari Merdeka.com, Jumat 7 April 2017.

Selama 20 tahun tersebut, perang tiada hentinya, sebab tentara Portugis saat itu yang dikomandoi Jenderal Verdicho Marloca terkenal kuat sebagai penguasa lautan, menjejal Kota Malaka.

"Karena Malaka juga wilayah kekuasaan Raja Narasinga II, maka raja ikut andil dalam berperang. Panglima Jukse Besi sebagai orang kepercayaannya raja untuk melindunginya, dan memerdekakan Kota Malaka dari penjajahan Portugis," kata Saharan.

Hingga akhirnya pada sekitar tahun 1532, Sultan Narasinga dan Panglima Jukse Besi bersama bala tentara kerajaan Indragiri berhasil memenangkan peperangan, dan menaklukkan Portugis. Kota Malaka pun akhirnya merdeka dari penjajahan.

Bahkan Jenderal Verdicho Marloce ditaklukan oleh Panglima Jukse Besi dan menjadi tawanan perang, kemudian dibawa pulang ke kerajaan Indragiri yang kini lokasinya di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau.

"Namun setelah sekian lama menjadi tawanan perang, akhirnya Jenderal Verdicho Marloce diangkat sebagai menteri di Kerajaan Indragiri karena memiliki otak yang pintar, selain itu Raja Narasinga II juga memiliki hati mulia dengan menjadikan musuh sebagai kawan," kata Saharan.

Meski Jenderal Verdicho Marloce memeluk agama Nasrani, namun Sultan Narasinga II tidak pernah mempersoalkan dan tidak pernah merayunya untuk pindah agama. Sultan Narasinga II sebagai muslim yang juga menyebarkan agama Islam saat itu, dengan senang hati menerima Jenderal Verdicho Marloce sebagai menteri di kerajaan Indragiri.

Awalnya Verdicho Marloce berlawanan dengan Panglima Jukse Besi, saat itu akhirnya menjalin persahabatan karena sesama orang Kerajaan Indragiri. Panglima Jukse Besi sebagai pelindung Sultan Narasinga II, sementara Verdicho sebagai menteri.

KOMENTAR

Nama

' Batang Peranap Berita Inhu Beritaq Inhu Cerita Cerita Rakyat Ekonomi Gallery Gumanti Hukum Info Umum Inhu Kesra Lingkungan Pauh Ranap Peranap Pilihan Pilkada Inhu Pilkada Riau Politik Portal Berita Inhu Profil Sejarah Sosbud
false
ltr
item
Peranap.com: Kisah Kesatria dari Indragiri yang Tak Mempan Ditembak Portugis - Jukse Besi
Kisah Kesatria dari Indragiri yang Tak Mempan Ditembak Portugis - Jukse Besi
https://4.bp.blogspot.com/-Y324CMJe9s8/WOcY6KrJ8GI/AAAAAAAADfE/KGqTeNew2Bs1ID7H4YLIHqApX2NLcDmwgCLcB/s640/Kebal%2BSenjata.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Y324CMJe9s8/WOcY6KrJ8GI/AAAAAAAADfE/KGqTeNew2Bs1ID7H4YLIHqApX2NLcDmwgCLcB/s72-c/Kebal%2BSenjata.jpg
Peranap.com
http://www.peranap.com/2017/04/kisah-kesatria-dari-indragiri-yang-tak.html
http://www.peranap.com/
http://www.peranap.com/
http://www.peranap.com/2017/04/kisah-kesatria-dari-indragiri-yang-tak.html
true
6418290414933881181
UTF-8
Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus By Beranda Halaman BERITA Lihat Semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Permintaan Anda Tidak Ditemukan Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock