Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Agen Jual Langsung ke Pengecer, Pengusaha Pangkalan LPG 3 Kg Protes ke SPPBE

Peranap.com, Ekonomi - Beberapa pemilik pangkalan gas elpiji 3 kg mendatangani Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) PT Awal Bros Bumi Pusaka di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Senin (4/2). Kedatangan mereka untuk menyampaikan keluh kesah terkait adanya agen baru PT Salam Asagas Utama yang langsung mendistribusikan elpiji 3 kg ke pengecer tanpa melalui pangkalan. Padahal wilayah tersebut sudah memiliki pangkalan gas elpiji sendiri.

Akibatnya, pemilik pangkalan yang sudah ada merasa dirugikan karena perusahaan tersebut menjual elpiji 3 kg lebih murah dari yang dijual pihak pangkalan ke pengecer. Padahal sesuai ketentuan, agen tidak dibenarkan langsung mendistribusikan gas elpiji 3 kg ke pengecer.

“Kami minta kepada pihak SPPBE agar menyampaikan kepada Pertamina agar tidak ada lagi agen gas elpiji 3 kg di wilayah Inhu. Sebab dengan dua agen saja di wilayah Inhu sudah cukup. Selain itu, pihak PT Salam Asagas Utama langsung menjual elpiji 3 kg ke pengecer dengan harga Rp 14.000, ini sama dengan membunuh usaha kami, tegas pemilik pangkalan gas Patriot Lirik Supri didampingi pemilik pangkalan Naren Elpiji, Nizar, Senin (4/2).

Diungkapkan Supri, di Inhu sebelumnya sudah ada dua agen, yakni PT Citra Cahaya Gasindo (CCG) yang memiliki sekitar 28 pangkalan dan CV Belilas Permai yang memiliki sekitar 73 pangkalan. Masing-masing pemilik pangkalan menjual gas elpiji 3 kg ke pengecer dengan harga rata-rata Rp 15 ribu hingga Rp 16 ribu per tabung. Harga jual tersebut lebih tinggi karena pemilik pangkalan harus mengambil dari agen dengan harga Rp 13.300 per tabung.

'Tapi kalau agen yang langsung jual ke pengecer wajar saja bisa harganya bisa Rp 14.000. Karena agen mengambil dari Pertamina Rp 11.600 lebih per tabungnya. Namun sesuai aturan, agen tidak boleh jual langsung ke pengecer, dan kami minta itu diterapkan, ungkap Supri.

Selain itu, Supri dan rekan-rekannya minta Pertamina mengatur wilayah distribusi dari tiap agen dan pangkalan yang ada di wilayah Inhu, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dan persaingan tidak sehat. Sebab yang akan dirugikan adalah pihak pangkalan.

'Terus terang modal kami belum kembali sampai saat ini. Sebab dari satu tabung gas elpiji 3 kg yang terjual, kami hanya dapat untung Rp 1.000. Makanya kami minta distribusi ini diatur dengan baik sehingga tidak terjadi seperti ini, pintanya.

Hal senada juga disampaikan Syafruddin, pemilik pangkalan Abdel Gas di Kampung Besar Seberang, Kecamatan Rengat. Ia minta PT Salam Asagas Utama tidak menganggu wilayah yang sudah ada pangkalannya.“Silahkan beroperasi, tetapi lebih baik di wilayah yang belum ada pangkalan, sehingga tidak menganggu pangkalan yang sudah ada, ungkapnya.

Syafruddin mengungkapkan, semenjak PT Salam Asagas Utama menjual gas elpiji 3 kg langsung ke pengecer, penghasilannya sebagai pemilik pangkalan berkurang. Biasanya dalam dua hari bisa menjual 150 tabung gas elpiji 3 kg, tetapi saat ini hanya 80 tabung.(nda)

KOMENTAR

Nama

' Batang Peranap Berita Inhu Beritaq Inhu Cerita Cerita Rakyat Ekonomi Gallery Gumanti Hukum Info Umum Inhu Kesra Lingkungan Pauh Ranap Peranap Pilihan Pilkada Inhu Pilkada Riau Politik Portal Berita Inhu Profil Sejarah Sosbud
false
ltr
item
Peranap.com: Agen Jual Langsung ke Pengecer, Pengusaha Pangkalan LPG 3 Kg Protes ke SPPBE
Agen Jual Langsung ke Pengecer, Pengusaha Pangkalan LPG 3 Kg Protes ke SPPBE
http://4.bp.blogspot.com/-qe0rMfpfybk/Vc-Mi85N4zI/AAAAAAAABsg/ZB66zYrXVnk/s320/Elpiji%2B3%2BKg%2B-%2BPeranap.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-qe0rMfpfybk/Vc-Mi85N4zI/AAAAAAAABsg/ZB66zYrXVnk/s72-c/Elpiji%2B3%2BKg%2B-%2BPeranap.jpg
Peranap.com
http://www.peranap.com/2013/02/agen-jual-langsung-ke-pengecer.html
http://www.peranap.com/
http://www.peranap.com/
http://www.peranap.com/2013/02/agen-jual-langsung-ke-pengecer.html
true
6418290414933881181
UTF-8
Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus By Beranda Halaman BERITA Lihat Semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Permintaan Anda Tidak Ditemukan Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock